Sabtu, 16 Juni 2012

:: CONTOH kurikulum bahasa arab untuk tingkat MI


KURIKULUM
PELAJARAAN BAHASA ARAB
MI KELAS VI SEMESTER GANJIL

A.    Tujuan Pembelajaran Bahasa Arab
Mata pelajaran Bahasa Arab merupakan suatu mata pelajaran yang diarahkan untuk mendorong, membimbing, mengembangkan, dan membina kemampuan serta menumbuhkan sikap positif terhadap bahasa Arab baik reseptif maupun produktif. Kemampuan  reseptif yaitu kemampuan untuk memahami pembicaraan orang lain dan  memahami bacaan. Kemampuan produktif yaitu kemampuan menggunakan bahasa  sebagai alat komunikasi  baik secara lisan maupun tulis. Kemampuan berbahasa Arab serta sikap positif terhadap bahasa Arab tersebut sangat penting dalam membantu memahami sumber ajaran Islam yaitu al-Qur’an dan hadis, serta kitab-kitab berbahasa Arab yang berkenaan dengan Islam bagi peserta didik.
  Mata pelajaran Bahasa Arab memiliki tujuan sebagai berikut:
a.  Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab, baik lisan maupun tulis, yang mencakup empat kecakapan berbahasa, yakni menyimak (istima’), berbicara (kalam), membaca (qira’ah), dan menulis (kitabah).
b.   Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya bahasa Arab sebagai salah satu bahasa asing untuk menjadi alat utama belajar, khususnya dalam mengkaji sumber-sumber ajaran Islam.
c.  Mengembangkan pemahaman tentang saling keterkaitan antara bahasa dan budaya serta memperluas cakrawala budaya. Dengan demikian, peserta didik diharapkan memiliki wawasan lintas budaya dan melibatkan diri dalam keragaman budaya.


B.     Ruang Lingkup
Ruang lingkup pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah pada semester 1 meliputi tema-tema tentang  peralatan madrasah(أدوات المدرسة  )pekerjaan Profesi (الــمهـنة), kegiatan sehari-hari di sekolah (الأعمــال اليومية في المدرسة) dan refreshing (الترويح عن النفس). 

C.    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.      Menyimak

             Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog tentang aktivitas di sekolah, profesi, alat-alat sekolah dan refreshing.
1.1              mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, kalimat) dengan tepat tentang
الجامعة
المهنة
أدوات المدرسة
الترويح عن النفس

1.2              Menemukan makna dan gagasan dari wacana lisan sederhana tentang
الجامعة
المهنة
أدوات المدرسة
الترويح عن النفس

2.      Berbicara

Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk gambar bersusun tentang aktifitas di sekolah, profesi, alat-alat sekolah dan refreshing
2.1              Melakukan dialog sederhana tentang
الجامعة
المهنة
أدوات المدرسة
الترويح عن النفس

2.2              Menyampaikan gagasan secara lisan dengan tepat dalam kalimat sederhana tentang
الجامعة
المهنة
أدوات المدرسة
الترويح عن النفس

3.      Membaca

Memahami wacana tertulis dalam bentuk gambar bersusun tentang aktifitas di sekolah, profesi, alat-alat sekolah dan refreshing
3.1              Melafalkan dan membaca kata, kalimat atau wacana tertulis secara nyaring dengan baik dan benar tentang
الجامعة
المهنة
أدوات المدرسة
الترويح عن النفس

3.2              Memahami makna dan pokok bacaan tentang
الجامعة
المهنة
أدوات المدرسة
الترويح عن النفس

4.      Menulis

Menuliskan kata, ungkapan dan teks sederhana tentang aktifitas di sekolah, profesi, alat-alat sekolah dan refreshing
4.1              Membedakan kalimat dan membuat karangan sederhana tentang
الجامعة
المهنة
أدوات المدرسة
الترويح عن النفس

4.2              Menyusun kata menjadi kalimat sempurna, membuat karangan sederhana tentang
الجامعة
المهنة
أدوات المدرسة
الترويح عن النفس


Tema-tema tersebut menggunakan pola kalimat yang meliputi fi’il
فعل ماضى و فعل مضارع و فاعل

D.    ArahPengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok kegiatan pembelajaran dan indicator pencapaian kompetensi untuk penilaian.Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

E.     Media Pembelajaran
Pembelajaran bahasa Arab MI untuk kelas VI semester ganjil menggunakan media pembelajaran gambar bersusun (صورة مـتسلســلة), karena dengan gambar bersusun diharapkan siswa mampu memahami mufradat dan wacana dengan mudah.

F.     Metode Pembelajaran
Pengajaran Bahasa Arab untuk kelasVI Semester Ganjil di MI menggunakan all in one system dengan menganggap bahasa adalah satu kesatuan sehingga pembelajaran harus dilakukan secara seimbang antara 4 keterampilan bahasa. Metode pembelajaran yang dipakai dalam pembelajaran bahasa Arab MI kelas VI adalah metode eklektik (إنتقــائية) . Metode ini member kebebasan kepada pendidik untuk memilih metode yang di butuhkan sesuai dengan materi yang akan di ajarkan.
G.    Materi (Bahan Ajar)
Materi yang akan di ajarkan di MI kelas VI pada semester ganjil meliputi empat materi yaitu:
1.      الحامعة
2.      أدوات المدرسة
3.      المهنة
4.      الترويح عن النفس


H.    Evaluasi
Alat evaluasi yang digunakan meliputi tes tulis dan lisan ;
1.      TesTulis
Testulis menjadi alat evaluasi untuk maharah istima’, qira’ah, kitabah, dan qowaid
Aspek penilaian meliputi :syakal, tarakib
2.      Tes Lisan
Tes lisan menjadi alat evaluasi untuk maharah kalam
Aspek penilaian meliputi:kelancaran dalam berbicara dengan penggunaan tarakib yang benar.

2 komentar: