Sabtu, 23 Juni 2012

:: LANGKAH-LANGKAH DALAM MENGGUNAKAN MEDIA BAHASA ARAB





                          Langkah-langkah pembelajaran bahasa arab
Maharah istima’

الجامعة
Nofita rofiatul baroroh
(09330029)





A.    Langkah-langkah pembelajaran:
1.      Kegiatan awal/ orientasi
·         Guru menyapa dan memperkenalkan diri pada siswa
·         Guru mengajak untuk berdoa sebelum pelajaran dimulai, disertai dengan menulis bismillah dan menanyakan tanggal dan di tulis di papan tulis.
·         Guru menjelaskan kompetensi yang diharapkan akan dicapai, dan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan berkenaan dengan                                              الجامعاة
2.        Kegiatan inti
Eksplorasi, dalam kegiatan eksplorasi:
·         Guru mengucapkan dengan nyaring, mufrodat yang dimaksud dengan menunjukkan media,معمل – فصل – ثعبة – كلية.
  

·         Mendengarkan wacana lisan dari guru
·         Siswa menirukan sesuai dengan yang dibacakan oleh guru
·         Tanya jawab tentang materi dengan menunjukkan  
     gambar



Elaborasi, dalam kegiatan elaborasi:
·         Sebelum memasuki pembelajaran maharah istima’, guru menanyakan  mufrodat yang telah disampaikan disusul dengan jawaban dari murid
·         Setelah siswa benar-benar faham dan hafal tentang mufrodat terkait tema, guru mulai membacakan teks istima’ sambil menunjukkan media pada miniatur untuk membantu kepahaman siswa terhadap teks istima’ yang diberikan.
Teks istima’


هذه الجامعة جميلة, إسمها جامعة مولان مالك إبراهم ملانج. وقعت هذه الجامعة في طريق غاجايانا رقم خمسين، في الجامعة بنينان، فيها بنيان الساكنة و بنيان الرحمة. بنيان الساكنة له طبق واحد، يتكوّن فيه غرفة المحاضر، و غرفة مدير الجامعة و غير ذالك. أمّا بنيان الرحمة له طبقاتان تتكوّن من غرفة التعلم و معمال اللغة و غير ذالك.
في الجامعة بستان واسع فيه فوّرة و مصباح جميل، و أمام جامعة نهر طويل و فوقه جسر جميل.

·         Guru memberikan evaluasi terkait teks istima’ dengan menggunakan gambar
Konfirmasi, dalam kegiatan konfirmasi:
·         Dilakukan Tanya jawab berkaitan dengan hal-hal yang belum diketahui atau yang belum dipahami
·         Memberikan penguatan dan penyimpulan
3.      Kegiatan akhir
·         Siswa menjawab pertanyaan guru: makna kata, kalimat, dan seluruh percakapan atau teks lisan yang disimaknya melalui permainan
Langkah-langkah penggunaan media        
Langkah-langkah pembelajaran bahasa arab
Maharah istima’

الجامعة
Nur Fitriyah
(09330037)
1.      Guru membuka pelajaran dengan menarik (ucapan salam, menanyakan kabar, & kata – kata semangat).
2.      Guru menayakan kepada murid pelajaran apa hari ini, misal: “ماذا درسون الآن؟ setelah murid – murid menjawab (maharah kalam) maka kita memberikan penjelasan tentang pentingnya belajar maharah kalam dalam pembelajaran Bahasa Arab.
3.      Guru menyiapkan/menunjukkan media yang akan di gunakan dalam pembelajaran, serta menanyakan kepada siswa tentang gambar apa yang ada di media tersebut .
4.      Guru memberikan mufrodad yang berhubungan dengan media tersebut misalnya: الجامعة minimal 3 mufrodad, pengenalan mufrodad tersebut di ulang – ulang sampai siswa dapat mengenalnya dengan baik.
5.      Guru memberikan contoh deskripsi yang berbentuk dialog disertai beberapa mufrodad yang telah diajarkan kepada siswa tentang الجامعة dengan media yang berupa 2 wayang(yang berperan sebagai guru dan murid), dialog ini dilakukan secara berulang – ulang sampai semua siswa faham.
Teks maharah kalam
أ  : السلام عليكم ...
ب: وعليكم السلام...
أ  : أهلا وسهلا...
ب: أهلا بيك...
أ  : يا... انا عندي وسائل التعليم، أنظر هدا الوسائل
ب: ما أجمل هدا الوسائل، أي هذه الجامعة؟
أ  : هذه الجامعة الإسلامية الحكومية مالج
ب: كم بنيان في هذه الجامعة؟
أ  : الثاني، يأني في شمال مبنى إدارة و المحاضرة، وفي يمين مبنى الدراسة و أمامها الشجرة.
ب: وماذا في امام بنيان
أ  :هذا الفوّارة وحولها بستان
ب: و ماذا امام البستان
أ  :امام البستان يأني جسر

6.      Sebagai contoh, Guru meminta kepada salah satu siswa untuk berperan sebagai murid (antara guru dan murid) kemudian guru meminta 2 siswa (sesama murid) untuk melakukan dialog dengan media wayang yang berhubungan dengan tema( الجامعة ).
8.      Guru menutup palajaran dengan memberikan semangat untuk tetap belajar maharah kalam khususnya dan permohonan maaf apabila ada kesalahan dalam proses pembelajaran serta ucapan salam.

Langkah-langkah penggunaan media       


Langkah-langkah pembelajaran bahasa arab
Maharah istima’

الجامعة
rizka khabibah
(09330039)
1.  Guru membuka pelajaran dengan memberikan beberapa mufrodat yang berhubungan dengan  dengan menggunakan media pembelajaran miniatur 5. Guru memberikan apresiasi terhadap hasil kerja siswa dan menutup pelajaran.


Teks maharah qiraah
نص قراءة
جامعة

جامعة مولانا مالك ابراهم الإسلامية الحكومية مالنج ’ يقع قي الشارع غاجايانا رقم 50 . جامعة واسعة جدا , امام جامعة نحر طويلة , في طريقة مصباح و شجرة وعلى نحر جسر الى الجامعة .
في جانب الجامعة شجرة وامام بستان. وجانب شجرة مبنى ادارة والمحاضرة لونها صفراء , ولونها فصل خضراء , وجانب مبنى الدراسة , مبنى الدراسة طبقتين يعنى طبقة الاولى 10 فصلة . في كل فصل منضدة للمدرس , وفي طبقة ثانية خامسة فصلة  و فصل واسعة جدا
في المبنى  ادارة : كراسى , ومكاتب والحاسوب وكراسة, ادارة واسعة جدا و كراستكم , كشف الحضور والكتب . يعنى كتاب اللغة, والكتاب الثقافة, والمعجم.

1 komentar:

  1. permision ukhti....salam ukkhwah di aim-mualim.blogspot.com
    jangan lupa follow me.... ngafwan

    BalasHapus