KURIKULUM
PELAJARAAN BAHASA ARAB
MI
KELAS VI SEMESTER GANJIL
A. Tujuan Pembelajaran Bahasa Arab
Mata pelajaran Bahasa Arab merupakan suatu
mata pelajaran yang diarahkan untuk mendorong, membimbing, mengembangkan, dan
membina kemampuan serta menumbuhkan sikap positif terhadap bahasa Arab baik
reseptif maupun produktif. Kemampuan
reseptif yaitu kemampuan untuk memahami pembicaraan orang lain dan memahami bacaan. Kemampuan produktif yaitu
kemampuan menggunakan bahasa sebagai
alat komunikasi baik secara lisan maupun
tulis. Kemampuan berbahasa Arab serta sikap positif terhadap bahasa Arab
tersebut sangat penting dalam membantu memahami sumber ajaran Islam yaitu
al-Qur’an dan hadis, serta kitab-kitab berbahasa Arab yang berkenaan dengan
Islam bagi peserta didik.
Mata pelajaran Bahasa Arab memiliki tujuan sebagai
berikut:
a. Mengembangkan
kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab, baik lisan maupun tulis, yang
mencakup empat kecakapan berbahasa, yakni menyimak (istima’), berbicara (kalam),
membaca (qira’ah), dan menulis (kitabah).
b. Menumbuhkan
kesadaran tentang pentingnya bahasa Arab sebagai salah satu bahasa asing untuk
menjadi alat utama belajar, khususnya dalam mengkaji sumber-sumber ajaran
Islam.
c. Mengembangkan
pemahaman tentang saling keterkaitan antara bahasa dan budaya serta memperluas
cakrawala budaya. Dengan demikian, peserta didik diharapkan memiliki wawasan
lintas budaya dan melibatkan diri dalam keragaman budaya.
B. Ruang Lingkup
Ruang lingkup pelajaran Bahasa Arab di
Madrasah Ibtidaiyah pada semester 1 meliputi tema-tema tentang peralatan madrasah(أدوات المدرسة )pekerjaan Profesi (الــمهـنة), kegiatan sehari-hari
di sekolah (الأعمــال اليومية في المدرسة) dan refreshing (الترويح عن النفس).
C. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menyimak
Memahami
informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog
tentang aktivitas di sekolah, profesi, alat-alat sekolah dan refreshing.
|
1.1
mengidentifikasi
bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, kalimat) dengan tepat tentang
الجامعة
المهنة
أدوات المدرسة
الترويح عن النفس
1.2
Menemukan
makna dan gagasan dari wacana lisan sederhana tentang
الجامعة
المهنة
أدوات المدرسة
الترويح عن النفس
|
2.
Berbicara
Mengungkapkan
informasi secara lisan dalam bentuk gambar bersusun tentang aktifitas di
sekolah, profesi, alat-alat sekolah dan refreshing
|
2.1
Melakukan
dialog sederhana tentang
الجامعة
المهنة
أدوات المدرسة
الترويح عن النفس
2.2
Menyampaikan
gagasan secara lisan dengan tepat dalam kalimat sederhana tentang
الجامعة
المهنة
أدوات المدرسة
الترويح عن النفس
|
3.
Membaca
Memahami
wacana tertulis dalam bentuk gambar bersusun tentang aktifitas di sekolah,
profesi, alat-alat sekolah dan refreshing
|
3.1
Melafalkan
dan membaca kata, kalimat atau wacana tertulis secara nyaring dengan baik dan
benar tentang
الجامعة
المهنة
أدوات المدرسة
الترويح عن النفس
3.2
Memahami
makna dan pokok bacaan tentang
الجامعة
المهنة
أدوات المدرسة
الترويح عن النفس
|
4.
Menulis
Menuliskan
kata, ungkapan dan teks sederhana tentang aktifitas di sekolah, profesi,
alat-alat sekolah dan refreshing
|
4.1
Membedakan
kalimat dan membuat karangan sederhana tentang
الجامعة
المهنة
أدوات المدرسة
الترويح عن النفس
4.2
Menyusun
kata menjadi kalimat sempurna, membuat karangan sederhana tentang
الجامعة
المهنة
أدوات المدرسة
الترويح عن النفس
|
Tema-tema tersebut menggunakan pola kalimat yang meliputi fi’il
فعل ماضى و فعل مضارع و فاعل
|
D.
ArahPengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi
dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok kegiatan
pembelajaran dan indicator pencapaian kompetensi untuk penilaian.Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan
penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
E.
Media Pembelajaran
Pembelajaran bahasa Arab MI untuk kelas VI semester ganjil
menggunakan media pembelajaran gambar bersusun (صورة
مـتسلســلة), karena dengan gambar bersusun diharapkan
siswa mampu memahami mufradat dan wacana dengan mudah.
F.
Metode Pembelajaran
Pengajaran Bahasa Arab untuk kelasVI Semester Ganjil di MI menggunakan all in one system dengan menganggap bahasa adalah satu
kesatuan sehingga pembelajaran harus dilakukan secara seimbang antara 4
keterampilan bahasa. Metode pembelajaran yang dipakai dalam pembelajaran bahasa
Arab MI kelas VI adalah metode eklektik (إنتقــائية) . Metode ini member
kebebasan kepada pendidik untuk memilih metode yang di butuhkan sesuai dengan
materi yang akan di ajarkan.
G.
Materi (Bahan Ajar)
Materi
yang akan di ajarkan di MI kelas VI pada semester ganjil meliputi empat materi
yaitu:
1.
الحامعة
2.
أدوات المدرسة
3.
المهنة
4.
الترويح عن النفس
H.
Evaluasi
Alat evaluasi yang digunakan meliputi tes tulis dan lisan ;
1.
TesTulis
Testulis menjadi alat evaluasi untuk maharah istima’, qira’ah,
kitabah, dan qowaid
Aspek penilaian meliputi :syakal, tarakib
2.
Tes
Lisan
Tes lisan menjadi alat evaluasi untuk maharah kalam
Aspek penilaian meliputi:kelancaran dalam berbicara dengan
penggunaan tarakib yang benar.
makasih . . .
BalasHapusmohon ijin copy,terimakasih.
BalasHapus